Kamis, 14 Maret 2019

Optimization Of Palm Oil Industry WWT,Wa.082139125256


Pengembangan energi listrik dari sumber terbarukan menunjukkan geliatnya dengan dukungan penuh pemerintah. Sebagai contoh, rencana Kementerian ESDM bersama kementerian terkait seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pertanian yang akan mewajibkan pengolahan limbah cair pabrik kelapa sawit atau Palm Oil Mill Effluent (POME) untuk diolah menjadi bahan baku Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PTLBg).
Peluang bisnis biogas ini ditangkap dengan baik oleh PEI. Semenjak 2013, perusahaan memulai proyek PLTBg di Rokan Hulu, Riau berkapasitas 1 MW. Sumber bahan baku listrik berasal dari POME PKS berkapasitas 45 ton per jam.
Trio Chadys, VP Business Development  PT Pasadena Engineering Indonesia, mengatakan proyek tersebut merupakan pilot project dari Kementerian ESDM untuk PLTBg. Tujuannya, menyuplai pasokan listrik ke daerah pedalaman di Rokan Hulu. Di sana, sebelumnya pasokan listrik berasal dari genset berbahan bakar solar tetapi kurang mendukung. “Pasalnya, tidak dapat menyuplai listrik selama 24 jam penuh, tegangan tidak stabil, dan harga listriknya pun mahal. Sekarang dengan adanya PLTBg tegangan menjadi lebih stabil, bisa menyuplai listrik 24 jam serta harga listriknya jauh lebih murah,” jelas Trio.
PLTBg tersebut resmi beroperasi pada September 2014 untuk mendistribusikan listrik kepada 1.040 Kepala Keluarga (KK). Tetapi sekarang bertambah menjadi 1.780 KK di tiga Desa di Rokan Hulu yaitu Desa Rantau Sakti, Rantau Kasai, dan Mahato Sakti.
Untuk menarik minat konsumen, perusahaan menawarkan nilai tambah yang tidak dimiliki perusahaan lain. Trio Chadys mengungkapkan nilai tambah ini dari segi teknologi maupun sistem bisnis.
Dari aspek teknologi, Pasadena menawarkan  sistem Re-TOP Process untuk  mengoptimalkan proses pengubahan POME menjadi biogas. Sistem yang dikembangkan oleh Pasadena sendiri ini dijelaskan Trio mampu mengoptimalkan proses pembentukan biogas dari penguraian nutrien di dalam POME oleh bakteri.
“Dalam biodigester, teknologi sebelumnya melihat reaksi yang terjadi  hanya sebagai satu kesatuan saja. Padahal, sebenarnya ada empat reaksi yang dilakukan bakteri pengurai di sana. Jadi, kita bagi empat bagian dalam reaktor tersebut yang disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing reaksi tersebut sehingga biogas yang dihasilkan menjadi optimal,” jelas Trio.
Trio menambahkan bahwa proses ini terbukti cukup efisien seperti yang diaplikasikan dalam pembangunan biodigester PLTBg yang saat ini tengah dibangun oleh PEI di Kalimantan Tengah. Teknologi ini mampu memperkecil volume kolam biodigester tersebut hingga 40 persen.
Keunggulan berikutnya adalah skema bisnis koridor dan kluster yang ditawarkan kepada pabrik kelapa sawit (PKS) dan pemerintah daerah. Skema bisnis ini, menurut Trio, memberikan nilai keekonomian lebih tinggi. Sebagai contoh, satu PKS berkapasitas 45 ton tandan buah segar (TBS) perjam POME-nya mampu menyuplai PLTBg berkapasitas sekitar 1,5 – 2 MW. Tapi jika hanya membangun satu PLTBg seperti ini saja maka menjadi kurang menarik bagi investor dari sisi keekonomiannya. Menurut Trio, keekonomian investasi PLTBg POME baru dinilai menarik jika kapasitasnya di atas 2 MW.
Share On:

Contact

Talk to us

Segera Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai training dan Konsultasi Sinar Global Consultant.

Address:

Jl. Tenaru Driyorejo , Gresik, Jatim, Indonesia 61177

Work Time:

Senin - Jum'at Dari Jam 9.00 - 17.00 WIB

Phone:

Phone:(+6231)3977660 |Whatsapp:(+6282)139125256

Labels Cloud

Recent in Sports

Home Ads

CHAT MARKETING GAWE STEMPEL








Comments

Tutorial Refill Tinta pada Stempel Flash

Blogroll

Latest in Sports

About

Popular

Contact Info

Blog Posts

Layanan

Menyediakan beberapa InHouse Training dan Public Training

dummy text

masukan text

Produk

Kami juga menyediakan beberapa buku dan produk produk lain nya

Simply Dummy Text

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

ASSESMENT WATER & WASTE WATER TREATMENT PLANT (WWTP)

Jasa Assesment WWTP Waterpedia merupakan pilihan tepat, bagi perusahaan anda karena berpengalaman lebih 23 tahun bidang WWTP, dengan tujuan mengevaluasi system proses eksisting untuk mencapai target pemenuhan baku mutu dan effisiensi operasional cost proses WWTP.

PUBLICK IN HOUSE TRAINING

Public Training adalah pelatihan karyawan yang pelaksanaannya telah diagendakan oleh penyelenggara Waterpedia Training Consulting sehingga memungkinkan setiap instansi mengirimkan karyawannya sebagai perwakilan untuk menjadi peserta pelatihandengan jumlah sedikit dan akan digabung dengan peserta dari instansi lain apabila jumlah peserta masih belum memenuhi kuota. Public Training baru akan dijalankan apabila kuota minimal peserta terpenuhi.

SINARGLOBAL CONSULTANT

perusahaan yang bergerak di bidang Training dan Konsultan, Kontraktor dan Supplier khusus dalam sistem pengolahan air atau dikenal dengan Water and Wastewater Treatment Consultant and Contractor. Training yang kami berikan meliputi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), Water and Wastewater Treatment Plant (WWTP), STP (Sewage Treatment Plant), PWT, Reverse Osmosis (RO)